Press "Enter" to skip to content

10 Cara Budidaya Ayam Hutan Hijau Bag.1 versi Bandarsabung.com

Sabung Ayam Online – Hai para pembaca setia Bandarsabung.com semua.. jumpa lagi dengan penulis yang dengan senang hati membagikan tips seputar hewan ternak ayam aduan maupun ras lainya dan segala perawatannya yang inspiratif.

Nah sobat, ayam hutan hijau juga memiliki potensi yang bagus untuk dibudidaya karena memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Yuk sobat untuk mengetahui detailnya lebih lanjut simak dalam 10 cara budidaya ayam hutan hijau Bag.1 berikut akan kita ulas 5 tips :

1. Ciri Fisik

Ketika proses budidaya, tentunya sobat wajib paham terlebih dahulu apa saja ciri fisik ayam hutan hijau agar sobat bisa memilih bibit yang terbaik ya, ciri tersebut diantaranya :

Jengger tidak bergerigi, berbentuk bulat dan tengahnya merah kebiruan.
Bulu di bagian kepala berwarna biru, hitam, dan coklat.
Bulu di area leher berwarna hijau berkilauan dan terlihat seperti sisik ikan.
Bulu penutup pinggul panjang meruncing dengan kilau keemasan, sisi bawah hitam, dan ekor berwarna kehijauan atau kebiruan.
Ukuran tubuh bervariasi, iris merah dan paruh abu abu, warna kaki kekuningan atau abu abu bening.
2. Bibit yang Berkualitas

Nah sobat, setelah sobat memahami ciri fisik ayam hutan hijau secara umum, sekarang sobat juga wajib paham mengenai ciri anakan atau bibit ayam hutan hijau dimana bibit tersebut yang akan menentukan hasil budidaya yang sobat lakukan.

Bibit ayam hutan hijau memiliki warna coklat tua di kepalanya dan di bagian tengah tubuh berwarna hitam campur coklat tua. Cerat warna hitam di mata hingga telinga memiliki warna hitam tegas dan tidak terputus, pada umur 1 hari sd 1 bulan memiliki bulu bulu pada mantel dan leher kecil memanjang.

Pada anakan ayam hutan hijau betina, warna didominasi kuning keputihan. Sedangkan anakan ayam hutan hijau jantan memliki bulu seperti mantel di kepala dan leher berwarna hijau mengkilap.

3. Syarat Lokasi

Ayam hutan hijau di alam bebas merupakan hewan yang hidup di pinggir pinggir hutan, ayam hutan hijau memiliki perangai yang liar dan takut dengan keramaian, meskipun dipelihara sejak kecil, bukan berarti ayam hutan hijau akan mudah jinak, penjinakan harus dilakukan dengan ulet dan tekun sebab ia memiliki sifat alami yang agresif.

4. Kandang

Untuk kandang ayam hutan hijau, beri lapisan karung di bagian atapnya sehingga ketika ayam hutan hijau agresif dan melompat lompat, kepalanya tidak terluka. Jangan langsung memasukkan ayam hutan hijau ke kandang yang besar sebab akan menyulitkan ketika menangkap atau merawatnya.

Segera berikan ayam hutan hijau sebanyak 2 ekor setelah dimasukkan kandang pertama kali agar ia lebih tenang. Jika ayam merasa ketakutan, tutup kandang dengan koran.

5. Pakan Ayam Hutan Hijau

Berikan pakan halus untuk ayam hutan hijau atau voer burung halus agar lebih mudah dicerna oleh ayam hutan hijau sehingga ayam hutan hijau memiliki perkembangan tubuh yang baik dan terhindar dari penyakit seperti diare.

Berikan akan dari biji bijian dan jangkrik yang dihaluskan agar ayam hutan hijau tidak bosan karena memiliki menu pakan bervariasi.

Bersambung Bagian 2

Demikian yang bandarsabung.net dapat disampaikan, semoga menjadi wawasaan berkualitas,bermanfaat untuk sobat penghobi ayam ditunggu ulasan slenajutnya di bagian 2 yang sedang Bandarsabung siapkan ya guys…

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.