Press "Enter" to skip to content

10 Cara Budidaya Ayam Hutan Hijau Bag.2 versi Bandarsabung.com

Sabung Ayam Online РDear sobat setia pembaca Bandarsabung.com.Kali ini penulis membagikan seputar hewan peliharaan yang tak jauh berbeda dari biasanya ya sobat, yakni mengenai ayam aduan. Tentunya penulis sellau berharap wawasan yang Bandarsabung.com bagikan dapat bermanfaat untuk memaksimalkan perawatan hewan kesayangan sobat sehari hari.

Kali ini penulis membagikan seputar hewan peliharaan yang tak jauh berbeda dari biasanya ya sobat, yakni mengenai ayam aduan. Jika sobat terbiasa atau sering mendengar mengenai ayam aduan, tentunya tak asing lagi dengan ayam hutan hijau yang dalam istilah Jawa dikenal dengan ayam alasan.

Nah sobat, ayam hutan hijau juga memiliki potensi yang bagus untuk dibudidaya karena memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Yuk sobat untuk mengetahui detailnya lebih lanjut simak dalam 10 cara budidaya ayam hutan hijau berikut bagian 2 ( selesai ).

6. Vaksin

Ayam hutan hijau sering terkena sakit snot dan berak darah, sebelum dewasa, ayam hutan hijau harus diberi vaksin terlebih dahulu sehingga memiliki kekebalan tubuh yang baik sejak muda dan terhindar dari penyakit tersebut ketika dewasa. Pastikan vaksin diberikan dan mampu memberikan perlindungan yang terbaik.

7. Vitamin Alami

Jahe, temulawak, dan kencur adalah bahan bahan alami terbaik untuk menjaga kehangatan tubuh ayam hutan hijau. Berikan vitamin tersebut secara berkala setidaknya seminggu sekali dengan cara dicampur pada pakannya sehingga ayam hutan hijau jauh dari stres dan selalu berada dalam kondiis tubuh yang baik.

Vitamin alami akan memberikan kekuatan pada ayam hutan hijau untuk mampu beradaptasi di semua situasi lingkungan terutama di musim pancaroba atau musim hujan yang di dalamnya banyak tersebar uman penyakit dan banyak ayam terkena penyakit. Dengan pemberian vitamin alami secara rutin, kekebalan tubuh ayam hutan hijau akan meningkat.

8. Perawatan Harian

Pada umur 1 sd 4 bulan, anakan ayam hutan hijau perlu dijemur 2 jam sehari dan diberi ekstra fooding berupa jangkrik setiap pagi dan sore. Agar sobat dan ayam hutan hijau lebih dekat serta ayam hutan hijau lebih jinak, berikan jangkrik langsung dengan tangan, biasakan juga untuk diajak bermain dan dielus elus.

9. Cara Memandikan

Ayam hutan hijau dapat dimandikan dengan cara menyemportnya dengan air kemudian membiarkannye berjemur untuk mengeringkan diri secara alami, kebersihan tubuh ayam hutan hijau akan menjadikan kesehatannya meningkat dan bebas dari stres. Mandikan ayam setidaknya seminggu sekali.

10. Pengkawinan

Dalam proses budidaya, tentunya sobat ingin menghasilkan ayam yang lebih banyak lagi sehingga dapat terus berkelanjutan dan memberikan hasil yang diinginkan. Jika sobat ingin mengkawinkan, pastikan indukan ialah jenis yang sehat dan berkualitas, yakni memiliki fisik yang semurna dan nafsu makan yang baik.

Dalam mengkawinkan ayam hutan hijau, kedua induk dapat disatukan dalam satu kandang dan biarkan untuk mendekat secara mandiri hingga berkawin, secara alami ayam hutan hijau akan tertarik satu sama lain dan berkawin hingga bertelur.

11. Masa Panen

Dalam masa panen ayam hutan hijau, yang dapat dihasilkan ialah ayam hutan hijau remaja hingga dewasa untuk dijual, umumnya jika memiliki kualitas baik akan mampu lauku seharga 1 sd 2 juta sehingga memberikan keuntungan yang menarik. Jadi, rawat dan berikan kebutuhannya dengan tepat agar mencapai hasil terbaik.

Demikian yang dapat disampaikan bandarsabung.net , semoga menjadi wawasaan berkualitas untuk sobat dan panduan terbaik dalam budidaya ayam hutan hias. Tentunya hasil yang didapatkan sesuai dengan apa yang sobat usahakan, yakni pakan berkualitas dan perawatan terbaik. Akhir kata bandarsabung.net ucapkan terima kasih. Salam.

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.