Press "Enter" to skip to content

12 Cara Ternak Ayam Jawa Super Pola HCS Bag.1

Sabung Ayam OnlineBandarsabung.com akan mengulas Ayam jawa super ( JOPER ) disebut juga dengan ayam kampung super. Ternak ayam ini merupakan bentuk peluang usaha baru yang sangat menarik, karena permintaan Ayam aduan dan bisa dipasarkan dagingnya pun semakin meningkat dengan signifikan, salah satu cara ternak yang bisa dilakukan ialah dengan pola HCS, Berikut bagian 1 selengkapnya.

1. Menggunakan Teknologi Pemuliabiakan

ini dihasilkan dari hasil persilangan Ras baru yang menggunakan teknologi seperti pemuliabiakan ternak yang nantinya akan lebih mendapatkan pertumbuhan yang cepat sehingga mempunyai karakteristik Petarung yang tanggung untuk menjadi ayam aduan di arena sabung ayam.

2. Pemilihan Jenis Kandang

Kandang yang digunakan untuk memeliharanya relatif mudah, sangat simpel dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Hanya dengan membuat kandang kering maka ayam kampung super ini bisa dipelihara, dengan menggunakan alas yang kering atau tidak basah dan lembab, sirkulasi dan pencahayaan yang cukup. Diusahakan juga kandang tersebut terbuat dengan tipe postal atau lantai semen.

3. Ukuran Kandang Sesuai dengan Umur Ayam

Beberapa ukuran kandang yang ideal dalam beternak ayam jawa super, sebagai berikut: Ayam dengan umur 1 – 6 hari Kepadatan sekitar 60 ekor per m2 kandang, Ayam dengan umur 7 – 12 hari Kepadatan sekitar 40 ekor per m2 kandang, Ayam dengan umur 13 – 30 hari Kepadatan sekitar 20 ekor per m2 kandang, Ayam dengan umur 31 – 40 hari Kepadatan sekitar 9 ekor per m2 kandang.

4. Pemilihan Bibit Ayam Jawa Super yang Unggul

Pastikan peternak menggunakan bibit atau DOC ayam yang unggul untuk memperoleh keturunan yang berkualitas. Pilih bibit yang mempunyai tubuh yang besar dan cepat pertumubuhannya bila peternak ingin beternak ayam jawa super ini yang akan dimanfaatkan dagingnya. Diusahakan bibit yang mempunyai jangka waktu dalam menetasnya tepat dalam 21 hari, tidak boleh kurang atau lebih.

Pemilihan bibit ini juga bisa dilihat dari beberapa ciri fisiknya yang nyata, seperti : mempunyai kesehatan yang baik, mata yang bersinar, tubuh yang tegap, tidak ada kecacatan, serta bulu yang bersih dan mengkilap. Pastikan tanda – tanda tersebut, jika tidak ada maka ayam tersebut dalam kondisi tidak sehat sehingga kurang tepat untuk di ternak.

5. Pemberian Pakan

Keberhasilan dalam ternak ayam joper dilihat dari faktor utamanya yaitu dalam pemberian pakannya, Pemberian pakan terhadap ayam jawa super ini harus sesuai dengan porsi dan nutrisinya yang diberikan setiap harinya.

Berikut adalah beberapa aturan pemberian pakan ayam joper : Istirahatkanlah dahulu DOC ayam yang baru datang, kemudian berikan minum dari hasil campuran gula jawa dan air dengan ukuran 200 ml air di campurkan dengan 1 sendok gula jawa, Berikan voer atau BR untuk DOC hingga berumur 4 minggu, Setelah sudah 4 minggu, pakan DOC bisa dicampur dengan bekatul, jagung, bungkil kedelai, dan lain sebagainya.

6. Aplikasikan HCS

HCS bisa dicampurkan pada minuman, tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa di membuat pakan sendiri dengan pola HCS dengan menggunakan Suplemen Organik Cir ( SOC ). Mengaplikasikan SOC HCS untuk ayam kampung super tidak jauh beda dengan ayam lainnya seperti ayam broiler. Manfaat ternak ayam joper menggunakan pola ini adalah untuk menghasilkan daging yang lebih sehat dan sangat berkualitas. Sehingga harapan panen pun lebih cepat sehingga bisa menghemat biaya pakan dan perawatannya.

Bersambung ke Bagian 2

Informasi diatas merupakan cara Ayam jawa super ( JOPER ) yang mudah yang bandarsabung.net rangkum bagian 1 masih ada bagian 2 yang akan kami ulas ditunggu yah, dan dapat langsung Anda praktikkan, semoga bermanfaat

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.