Press "Enter" to skip to content

13 Cara Beternak Ayam Hias Bag.1 Versi bandarsabung.net

Sabung Ayam Online – Kali ini bandarsabung.net akan membahas seputar Ayam hias yang tak jauh berbeda dari biasanya ya guys, yakni mengenai ayam. Ayam secara umum tentunya dikenal sebagai hewan yang dimanfaatkan daging dan telurnya secara umum, padahal di luar itu masih ada manfaat lain, misalnya sebagai hewan hias atau petarung tangguh. Pada kesempatan kali ini penulis membahas secara khusus tentang ayam hias ya guys.

Tidak sedikit peternak yang mencoba menjalankan usaha ternak ayam hias karena memberikan keuntungan yang menjanjikan dan mudah dalam perawatannya, berikut beberapa poin penting yang sangat dibutuhkan seputar perawatan ayam hias, yuk sobat langsung saja simak selengkapnya, 13 Cara Beternak Ayam Hias versi bandarsabung.net Bag.1

1. Pilih Jenis Ayam Hias

Setiap jenis ayam hias memiliki karakter yang berbeda yang berpengaruh pada proses perawatannya, beberapa jenis ayam yang terbaik untuk ayam hias ialah ayam serama yang memiliki bentuk badan dengan kepala mendongak dan dada membusung, ayam kate yang memiliki keindahan pada jengger dan bulu, ayam cemani yang memiliki fisik serba hitam, dan ayam pegar yang memiliki ekor panjang dengan lebih dari 3 warna bulu di tubuhnya.

2. Siklus Hidup Ayam Hias

Ayam hias memiliki siklus produksi 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan April hingga Mei dan bulan Oktober sd Desember. Ayam hias memiliki harga yang mahal sesuai dengan keindahan fisik dan performanya.

3. Adaptasi Ayam Hias

Ketika sobat membeli ayam hias sebagai bibit awal, wajib untuk memperhatikan agar ayam hias tersebut merasa nyaman dan dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya, untuk itu ia harus mendapatkan perawatan yang nyaman dan memiliki kandang yang berbeda, tidak dicampur dengan ayam jenis lain yang cenderung hidup secara berkelompok.

4. Asupan untuk Pertumbuhan Awal

Berikan obat antistress pada aya hias berupa vitamin B kompleks dan B12, vitamin tersebut baik untuk masa adaptasinya terhadap lingkungan baru dan membuatnya nafsu makan sehingga ia merasa nyaman berada di kandang yang sobat berikan.

5. Sesuaikan dengan Lingkungan Asal

Agar ayam hias memiliki perkembangan yang baik, pada tahap awal, berikan pakan sesuai dengan pakan yang ia makan di tempat lamanya, sobat bisa menggantinya secara perlahan jika menginginkan menu pakan yang lebih baik.

Lingkungan juga dibuat mirip dengan lingkungan lamanya, pastikan ia memiliki kandang yang luas sehingga dapat leluasa bergerak sebab ayam hias memiliki bentuk fisik yang berbeda seperti ekor yang lebih panjang dsb sehingga membutuhkan ruang gerak lebih.

6. Pakan Ayam Hias

Berikan pakan untuk ayam hias yang sobat pelihara sebaik mungkin, tepat dan tidak melebihi dari kapasitas ayam hias tersebut, sobat bisa memberikan biji bijian untuk menu pagi dan sore serta voer basah untuk siang har, setiap pakan yang diberikan harus berkualitas sehingga ayam hias memiliki pertumbuhan yang normal, memiliki mental yang baik, dan memiliki daya tarik yang kuat

Bersambung Bag.2

Demikian ulasan bag.1 Cara Beternak Ayam Hias dapat disampaikan bandarsabung.net ditunggu ulasan selanjutnya ya guys, semoga menjadi wawasaan berkualitas untuk penghobi dan panduan terbaik dalam budidaya ayam hutan hias. Tentunya hasil yang didapatkan sesuai dengan apa yang sobat usahakan dengan giat, yakni diberikan pakan berkualitas dan perawatan terbaik yang sobat berikan. Akhir kata bandarsabung.net ucapkan terima kasih. Salam.

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.