Press "Enter" to skip to content

8 Tips Merawat Ayam aduan unggul Di Musim Hujan

Sabung Ayam Online – Menjadikan Ayam sebagai hewan peliharaan dan ternak sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Salah satu jenis unggas yang banyak diternakkan dan dipelihara adalah Ayam aduan unggul.

Ayam aduan unggul adalah spesies unggas dalam suku columbidae dari jenis geopelia. Ayam aduan unggul dikenal memiliki tendangan yang kuat dan merupakan unggas yang secara dominan memakan biji bijian.

Sama halnya dengan merawat uanggas atau ayam jenis lain, ketika memasuki musim hujan maka setiap peternak maupun penghobil ayam aduan unggul perlu memperhatikan beberapa kondisi serta menyesuaikan proses perawatannya. Berikut ini beberapa tips merawat ayam aduan unggul di musim hujan yang perlu diketahui.

1.Mandikan ayam setiap 2 atau 3 hari sekali

Pada saat musim kemarau, ayam aduan unggul dapat dimandikan setiap hari dikarenakan kondisi cuacanya yang cukup panas. Berbeda dengan suhu udara pada saat musim kemarau yang panas, suhu udara akan lebih dingin pada saat musim hujan sehingga bagi salah satu cara untuk merawat ayam di musim hujan adalah dengan mengurangi frekuensi memandikannya agar tidak kedinginan dan angin anginkan beberapa saat saja. Langkah ini juga termasuk ke dalam cara merawat ayam aduan unggul pada musim hujan.

2.Jemur ayam saat matahari terik

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan terakit dangan kebiasaan menjemur ayam aduan unggul yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnnya. Ketika musim hujan tiba, usahakan untuk menjemur ayam hanya pada saat muncul matahari terik saja dan masukkan ke dalam rumah ketika mulai ada tanda hujan akan datang. Kondisi ini diperlukan untuk menghindari ayam aduan unggul kehujanan atau kedinginan.

3.Tutup sangkar dengan kerodong saat malam hari

Masih sama dengan tips merawat ayam aduan unggul di musim hujan yang disebutkan diatas yakni terkait dengan kondisi suhu yang lebih dingin. Untuk menghindari ayam aduan unggul kedinginan terutama saat malam hari dan agar dapat beristirahat dengan baik maka sebaiknya sangkar ayam aduan unggul di tutup dengan kerodong.

Selain untuk menghindari ayam aduan unggul kedinginan mengigil dan jatuh sakit, penutupan sangkar juga dapat mencegah masuknya serangga serta nyamuk yang biasanya akan lebih banyak di saat musim hujan. Langkah ini juga termasuk salah satu cara merawat jalak suren di musim hujan.

4.Memprioritaskan makanan yang dapat menghangatkan

Makanan yang dikonsumsi oleh ayam aduan unggul pada saat musim hujan juga perlu diperhatikan dan dibedakan dengan makanan pada saat musim panas. Pilihan makanan yang diberikan kepada ayam aduan unggul sebaiknya dipilih yang memiliki efek menghangatkan tubuh seperti :

Ketan hitam, ketan hitam dapat diberikan dengan kondisi yang sudah ditumbuk agar mudah dicerna.
Merica bubuk, merica bubuk dapat dijadikan sebagai bahan tambahan yang dicampur pada makanan utama.

5.Memberikan vitamin

Kondisi lingkungan pada saat musim penghujan seringkali mudah menyebabkan ayam aduan unggul mengalami keadaaan sakit. Untuk menghindari agar ayam tidak sakit maka tips merawat ayam di musim hujan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan beberapa jenis vitaman daya tahan tubuh kepada ayam dalam takaran yang sesuai serta aman. Pemberian vitaman juga merupakan salah satu cara merawat ayam aduan unggul di musim hujan.

6.Memperhatikan kebersihan kandang

Baik pada musim penghujan maupun musim kemarau, memperhatikan kebersihan kandang merupakan hal yang harus dilakukan untuk menghindari ayam aduan unggul dari bahaya terserang penyakit tertentu.

Pada saat musim hujan, kandang ayam dapat dibersihkan sehari sekali untuk meningkatkan kenyamanan ayam aduan unggul di dalam kandang. Perhatikan tingkat kekeringan kandang sebelum ayam aduan unggul masuk ke dalam untuk menghindari tumbuhnya parasit. Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan dalam cara merawat ayam cucak ijo di musim hujan.

7.Berikan ramuan traditional

Untuk membantu meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh ayam aduan unggul di musim hujan maka pemberian beberapa jenis ramuan traditional dapat diberikan. Contoh ramuan traditional yang dapat diberikan kepada ayam adua unggul seperti ramuan bawang merah.

8.Simpan ayam di dalam rumah

Pada saat musim kemarau, menaruh sangkar dengan ayam aduan unggul di bagian teras rumah baik siang maupun malam hari sudah menjadi sebuah kebiasaan. Namun untuk musim hujan, pemilik ayam aduan unggul sebaiknya menghindari kondisi yang menjadi kebiasaan di musim kemarau tersebut dan lebih memilih menempatkan ayam aduan unggul di dalam rumah terutama saat malam hari. Menyimpan ayam aduan di dalam rumah juga dilakukan dalam cara merawat ayam aduan saat cuaca dingin.

Itulah beberapa tips merawat ayam aduan di musim hujan yang perlu diketahui baik bagi pemula maupun mereka yang sudah terbiasa melakukan perawatan ayam aduan unggul tersebut. Hal yang perlu diperhatikan selama musim hujan adalah kondisi suhu yang dingin.salam bandarsabung.net

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.