Press "Enter" to skip to content

Cara Mengobati Ayam Aduan Turun Urat

Sabung Ayam Online – Ayam aduan turun urat merupakan hal yang paling serius dan harus di waspadai bagi penghobi ayam aduan. Penyakit turun urat perlu diwaspadai karena turun urat pada ayam aduan bisa terjadi karena kecerobohan dari botoh itu sendiri.

Banyak ayam aduan yang mengalami turun urat adalah ayam yang masih berusia muda atau bisa dibilang belum umur. Dikarenakan ayam muda tersebut belum memiliki otot-otot yang kuat dan kemudian diadu melebihi batas kesanggupan dari ayam itu sendiri sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan otot-otot ayam itu sendiri.

Misalkan anda memiliki ayam yang masih muda dan belum didukung dengan otot,stamina dan kekuatan yang memadai lalu kemudian diadu hingga batas kesanggupan ayam dan tak jarang ayam terkena pukulan yang bertubi-tubi. Jelas tubuh ayam tidak mampu menahan pukulan tersebut, secara logika ayam anda adalah seorang petinju dan tentunya petinju pun butuh latihan dan pengalaman sebelum terjun langsung ke arena.

Penyebab Ayam Aduan Turun Urat

Faktor yang dapat terjadi turun urat pada ayam aduan disebabkan karena keadaan otot yang masih lemah yang kemudian dipaksa untuk bertarung secara berlebihan. Ayam yang sudah tuda juga bisa terjadi turun urat. Contohnya ayam tua tersebut jarang diadu dan kurangnya perawatan lalu kemudian diadu dalam waktu yang lama sampai kehabisan tenaga, itu juga bisa berakibat turun urat.

Cara pengobatannya pun gampang-gampang susah. Mengapa saya bilang gampang-gampang susah, karena pengobatan ayam turun urat membutuhkan waktu yang panjang serta ketelatenan, belum lagi jika setelah sembuh ayam terkena turun urat lagi. Ayam yang turun urat apabila sudah sembuh masih terdapat penyakitnya kemungkinan bisa kumat lagi.

Cara Mengobati Ayam Aduan Turun Urat

  • Menyiapkan pil urat yang bisa dibeli di toko atau bahan-bahan herbal lainnya. Misalnya pil asam urat, pil encok atau pil khusus untuk ayam turun urat.
  • Bisa dilakukan dengan memijat secara pelan-pelan pada bagian tubuh ayam yang turun urat, misal di paha anda pijat pelan-pelan pada bagian paha, dan begitu juga apabila di pinggang dan bagian tubuh lainnya. Memijat dengan menggunakan air hangat lebih baik untu dilakukan.
  • Tumbuk daun sere dan beras kencur lalu di tempelkan pada bagian yang turun urat kemudian bungkus dengan kain.
  • Pengobatan ini sebaiknya dilakukan pada sore hari. Dikarenakan pada sore hari ayam berhenti beraktivitas dan biasanya obat akan bekerja pada malam hari saat ayam istirahat.
  • Lakukan secara teratur hingga ayam benar-benar pulih total.

Demikian yang dapat penulis sampaikan mengenai Cara Mengobati Ayam Aduan Turun Urat, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, Salam Bandarsabung.net Terima kasih

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.