Press "Enter" to skip to content

Cara Ternak Ayam Petelur Kering Bag.2

Sabung Ayam OnlineCara Ternak Ayam Petelur Kering Bag 2. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kondisi perkotaan dimana sobat tahu sendiri bahwa area perkotaan padat penduduk memiliki lahan yang lebih sempit dan tidak jauh dari pemukiman warga.

Ternak Ayam unggulan petelur kering ditujukan untuk mengurangi bau yang ditimbulkan dan meminimalisir lingkungan yang kotor, cara ini juga terbukti memberikan keuntungan lebih loh sobat, antara lain produksi telur lebih tinggi, kesehatan Ayam lebih terjamin, dan biaya lebih efisien. Bagaimana cara dan prosedurnya, yuk simak selengkapnya uraian berikut Bag.2 yang kami sajikan

6.Sirkulasi Udara

Pastikan aliran udara dalam kandang lancar, sebaiknya tinggi kandang tidak lebih dari 2 meter sehingga sobat lebih mudah ketika membersihkan kandang, tutup kandang dengan tembok atau bahan lain setinggi 60 cm dari lantai dan sisanya biarkan terbuka dengan ditutup kawat atau bilah bilah bambu.

7. Pemilihan Bibit

Bibit tentunya salah satu penentu keberhasilan dalam budidaya ya sobat, bibit baik disertai perawatan baik akan menghasilkan hasil yang baik dan berkualitas pula. Sobat dapat membeli bibit di peternak terpercaya atau menetaskan sendiri. Bibit ayam petelur harus dirawat dengan teliti.

8. Pembesaran Bibit

Bibi ayam petelur yang sudah berusia 3 hari, mulai berikan pakan berupa nasi segar yang telah dicelup ke dalam air dan diperas, anakan ayam petelur akan mengerumiuni dan memakannya, jika habis, berikan lagi hingga anakan kenyang atau tidak mematuk pakan lagi. Lakukan sampai hari ke 10.

9. Pemeliharaan Lanjutan

Di usia lebih dari 10 hari, mulai berikan pakan konsentrat yang telah direndam air dan diperas berupa pelet atau voer, di atas 3 minggu berikan pakan berupa dedak, tambah porsi makannya per hari sedikit demi sedikit.

10. Vitamin Tambahan

Vitamin tambahan yang bisa diberikan pada ayam petelur ialah bahan bahan dengan protein tingg namun berkarbohidrat rendah seperti bekatul, jagung, tepung ikan, bungkil kedelai, bungkil kelapa, ampas tahu, daging kelapa, sorgum, dan menir. Berikan secara berkala dan variasi.

11. Kebutuhan Minum

Pastikan wadah air selalu terisi penuh dan diisi dengan air bersih, hindarkan bebek petelur dari kelaparan agar ia memiliki produktifitas yang tinggi dan mampu menghasilkan banyak telur, di usia dewasa, mulai siapkan untuk perkawinan.

12. Produktifitas Telur

Dengan pemberian pakan yang teratur dan pemeliharaan yang benar, ayam petelur akan tetap bisa bertelur saat berumur 6 bulan walaupun tidak ada pejantan, naun telur tersebut hanya cocok untuk konsumsi sebab telur yang dihasilkan tidak mengandung benih atau steril sehingga tidak bisa ditetaskan menjadi anakan. Jika tujuan untuk pembibitan, maka sediakan ayam petelur jantan dan kawinkan terlebih dahulu dengan cara menyatukan di dalam kandang.

13. Panen

Telur yang dihasilkan jauh lebih baik untuk tidak disimpan dalam jangkau waktu lama dan segera dijual sehingga sampai di pasar dalam keadaan segar, lakukan perawatan berulang seperti di awal untuk terus meningkatkan produktifitas ayam petelur dan menghasilkan telur lebih banyak lagi sesuai target yang diharapkan.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan berkualitas dan menjadi panduan berkualitas untuk sobat pembaca semua dalam menjalankan ternak ayam petelur sehingga mendapatkan keuntungan dan hasil yang lebih berkualitas. Terima kasih. Salam. Bandarsabung.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.