Press "Enter" to skip to content

Persiapan Penting Memulai Usaha Ternak Ayam Bangkok Aduan

Sabung Ayam Online – Untuk memulai usaha ternak ayam aduan tentunya anda memerlukan beberapa persiapan matang untuk mewujudkannya. Sebagai modal pertama, anda tentu harus menyiapkan bibit indukan ayam asli dan berkualitas. Untuk mendapatkannya juga terhitung susah susah gampang karena sudah banyak penjual yang mengawinsilangkan ayam bangkok dengan jenis ayam aduan lainnya.

Berikut ini kami akan membahas poin poin penting untuk persiapan memulai usaha ternak ayam bangkok aduan:
1. Indukan / Bibit Unggul
Sebagai modal dasar, indukan ayam bangkok aduan haruslah yang asli dan memiliki kualitas terbaik karena ini bukan hanya modal tetapi juga investasi jaga panjang untuk di masa yang akan datang. Sebaik apapun merawat bibit ayam aduan yang bukan berkualitas baik, tentu hasilnya tidak akan sama dengan merawat bibit ayam aduan yang berkualitas.

Untuk jangka waktu pendek, ayam berkualitas standart memang akan cepat laku karena harganya yang murah, namun tentu tidak akan bertahan lama di pasaran. Ayam bangkok aduan yang akan laku di pasaran dalam jangka waktu panjang adalah ayam aduan yang berkualitas baik.

Untuk membeli bibit ayam bangkok yang asli, perhatikanlah ciri ciri berikut:
– Warna mata bening, jernih dan tidak berair
– Bentuk badan ideal dan atletis
– Postur tubuh kuat dan tegak
– Bentuk kaki kokoh dan kekar (biasanya memilik sisik bewarna kuning)

Satu hal yang perlu diperhatikan, jika anda ingin memulai usaha ternak ayam aduan untuk mencari juara sabung ayam, pilihlah indukan / bibit ayam yang memiliki mental bertarung yang kuat karena untuk melatih mental ayam cukup sulit. Pastikan indukan ayam aduan yang anda pilih memiliki faktor genetik bertarung yang kuat.

2. Kandang Umbaran
Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui kandang umbaran. Kandang umbaran digunakan oleh para peternak usaha ayam bangkok karena kandang ini multifungsi, bisa digunakan untuk kandang tidur dan kandang kawin ayam. Untuk proses perkawinan, akan lebih baik jika ayam betina dan ayam jantan kawin dengan alami dan tanpa paksaaan. Caranya adalah dengan memasukannya ke dalam satu kandang yang sama. Pada umumnya sekiutar 1 – 2 bulan kedepan ayam betina akan mulai bertelur.

Ciri ciri ayam betina yang akan bertelur biasanya memiliki perilaku yang aneh dan tidak seperti biasanya (tidak nafsu makan, malas bergerak, dsb). Saat ayam betina sudah mulai bertelur, barulah pisahkan ayam betina dengan ayam jantan. Hal ini bertujuan agar ayam betina merasa nyaman untuk mengerami telurnya.

3. Pakan Berkualitas
Ayam aduan termasuk sebagai kategori hewan omnivora, dimana ayam bisa memakan sayuran dan daging (pemakan segalanya). Untuk pakan terbaik ayam yang terbaik adalah beras dan jagung. Namun untuk memperoleh hasil anakan yang berkualitas, pemberian jenis pakan harus disesuaikan dengan kategori umurnya.

Untuk anak ayam bangkok yang baru menetas hingga umur 3 bulan, berikan pakan yang mengandung zat besi dan kalsium yang dapat membantu proses pembentukan tulang dan otot. Salah satu pakan yang baik adalah memberikan susu kalengan atau voor 592. Setelah melewati usia 3 bulan, barulah anda berikan pakan berupa voor dengan campuran nasi dengan tekstur yang sedikit kasar hingga memasuki usia 6 bulan. Memasuki usia 6 bulan keatas, berikan pakan dengan tekstur yang lebih kasar. Berikan pakan berupa beras, kedelai, jagung, dan sebagainya.

4. Kebersihan Kandang
Sebagai peternak usaha ayam, jangan pernah untuk menyepelekan kandang ayam aduan. Hal ini merupakan salah satu penentu dasn keberhasilan dari usaha anda sendiri. Kandang yang bersih akan membantu perkembangan dan pertumbuhan ayam bangkok aduan. Kandang yang bersih membantu kondisi tubuh ayam menjadi lebih sehat dan tentunya memiliki tubuh yang ideal. Untuk itu bersihkan kandang mminimal dua hari sekali. Bersihkan kandang dari kotorannya dan juga bersihkan tempat makan dan minumnya agar tidak menjadi sarang bibit penyakit.

Demikianlah ulasan mengenai Persiapan Penting Memulai Usaha Ternak Ayam Bangkok Aduan yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ayam aduan kesayangan anda. Salam hangat Sabung Ayam Online.

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.